www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sulawesi Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Panwaslu Bantaeng Bakal Eksekusi Calon PPK dan PPS Seperti Ini, Anda Termasuk?

Posted by On 17.54

Panwaslu Bantaeng Bakal Eksekusi Calon PPK dan PPS Seperti Ini, Anda Termasuk?

Panwaslu Bantaeng Bakal Eksekusi Calon PPK dan PPS Seperti Ini, Anda Termasuk?

Pendaftar PPK dan PPS yang berlatar belakang pengurus Parpol, maka haram hukumnya menjadi PPK atau PPS.

Panwaslu Bantaeng Bakal Eksekusi Calon PPK dan PPS Seperti Ini, Anda Termasuk?edi hermawan/tribunbantaeng.comKetua Panwaslu Bantaeng, Muhammad Saleh (kanan) bersama Komisioner Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin.

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bantaeng bakal mengeksekusi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terbukti masih berstatus pengurus partai.

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Bantaeng, Muhammad Saleh kepada TribunBantaeng.com, Senin (23/10/2017).

"Kami sudah intruksikan ke Panwascam di delapan kecamatan untuk melakukan pengecekan dan verifikasi nama-nama yang lulus seleksi berkas PPK dan PPS kemarin," ujarnya.

Apabila ditemukan nama yang lulus berkas tersebut ternyata masih berstatus sebagai pengurus partai, maka mereka akan didiskualifikasi.

"Jadi pendaftar PPK dan PPS yang berlatar belakang pengurus Parpol dan belum cukup lima tahun berhentinya, maka haram hukumnya menjadi PPK atau PPS," tambahnya.

Hal tersebut menurutnya sudah diatur dalam pasal 72 huruf e UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Jadi diharapkan kepada masyarakat untuk ikut aktif mencermati calon PPK dan PPS tersebut dan melaporkannya ke Panwascam atau Panwaslu bila ternyata ada pendaftar yang terlibat parpol atau tim sukses," ; tutur Saleh.

Selain pengurus Parpol, peserta yang pernah dipidana penjara dengan ancaman hukuman lima tahun atau lebih juga tidak dibolehkan menjadi anggota PPK dan PPS.

"Jadi UU bicara ancaman di tuntutan. bukan putusan hakim ataupun hukuman yang dijalankan," ujarnya. (*)

Penulis: Edi Hermawan Editor: Hasriyani Latif Ikuti kami di Pria Kemayu Hina Jokowi saat Live di Facebook, Pamer Uang dan Hujat Ayu Ting Ting Sumber: Tribun Makassar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »