Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini...

Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini... KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Tollo Pamarrasan adalah satu dari sekian banyak sajian kulin...

Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini...

Tollo Pamarrasan adalah satu dari sekian banyak sajian kuliner Indonesia yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Makanan dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini bisa dicicipi di Toraja Coffee House.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Tollo Pamarrasan adalah satu dari sekian banyak sajian kuliner Indonesia yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Makanan dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini bisa dicicipi di Toraja Coffee House.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa asin dan gurih bercampur pedas sambal katokkon begitu terasa ketika mencecap kuah hitam Tollo Pamarrasan. Potongan daging sapi, serai, daun bawang, dan cabe tersaji bersama di semangkuk. Sluuuurp... kuahnya membuat ketagihan!

Saat menggigit daging sapi, lunak adalah sensasi yang timbul. Bumbu-bumbu rempah yang digunakan seperti lada, kunyit, dan jahe bersatu padu dengan bumbu keluak yang dimasak bersama daging sapi.

(Baca juga : Kopi Toraja, Kopi Para Dewa)

Ah, rasanya tak mungkin berlama-lama berdiam diri memandang Tollo Pamarrasan. Satu demi satu daging sapi serta kuahnya meluncur masuk ke mulut hingga isi mangkuk sirna.

Tollo Pamarrasan adalah satu dari sekian banyak sajian kuliner Indonesia yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Makanan dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan ini bagian dari khasanah kuliner tradisional yang patut dicoba.

Tollo Pamarrasan adalah satu dari sekian banyak sajian kuliner Indonesia yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Makanan dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini bagian dari khas   anah kuliner tradisional yang patut dicoba.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Tollo Pamarrasan adalah satu dari sekian banyak sajian kuliner Indonesia yang kaya akan bumbu rempah-rempah. Makanan dari Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini bagian dari khasanah kuliner tradisional yang patut dicoba."Pamarrasan itu adalah cara masaknya masyarakat Toraja dan bumbunya itu pakai keluak yang memang adanya di Toraja dan tak ada di tempat lain. Ada jenisnya itu pakai daging dan ikan. Kalau sudah memasak pakai bumbu hitam itu namanya pamarrasan," kata Pemilik Toraja Coffee House, Disyon kepada KompasTravel di Jakarta, Jumat (24/11/2017) sore.

Biasanya masakan pamarrasan ini disajikan pada upacara tradisional suku Toraja seperti upacara pemakaman dan upacara syukuran. Namun demikian, kata Disyon, pamarrasan adalah makanan sehari-hari masyakarta Toraja.

(Baca juga : Kolam Alam Limbong, Wisata Toraja yang Terlupakan)

"Keluak itu disebut juga pangi. Buah keluak itu diambil bagian dalamnya, digiling lalu dicampur dengan kuah, dicampur lagi ramuannya dengan jeruk, rempah-rempah, serai, jahe," tambahnya.

Pamarrasan di kampung halamannya biasa dimasak bersama belut, daging kerbau, dan ikan. Makanan berkuah hitam pekat ini biasa ditemukan di rumah-rumah masyarakat Toraja dari pagi hingga malam hari.

Bagian dalam ruangan Toraja Coffee House yang dihiasai mural rumah tradisional Toraja. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bagian dalam ruangan Toraja Coffee House yang dihiasai mural rumah tradisional Toraja. "Di rumah makan itu banyak disajikan tapi tak ditawarkan secara eksplisit," jelasnya.

Kuliner khas Toraja ini bisa dinikmati di Toraja Coffee House. Beberapa kuliner khas Toraja lain seperti ayam saree juga menemani.

Disyon mengatakan ingin merekomendasikan makanan-makanan Toraja kepada para pelanggan Toraja Coffee House. Ia ingin mencoba mengenalkan makanan-makanan Toraja di tengah aneka sajian kopi Toraja.

(Baca juga : Lolai, Magnet Baru Wisata Toraja)

"Kami mau mengenalkan sebenarnya kopi torajanya tapi karena namanya Toraja Coffee House, kami mau menyediakan makanannya. Banyak orang yang ingin tahu makanan Toraja. Untuk Toraja sih sebenarnya sudah gak asing ya buat orang-orang. Orang tahu Toraja itu ada Rambu Solo. Lebih ke budayanya. Mereka juga tau kopi toraja juga enak. kita mau coba mengenalkan makanan-makanan Toraja," ujarnya.

Kuliner khas Toraja, ayam sarre di Toraja Coffee House, Jakarta.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Kuliner khas Toraja, ayam sarre di Toraja Coffee House, Jakarta.Menurutnya, masyarakat di Jakarta bisa menerima makanan khas Toraja seperti pamarrasan dan ayam sarre. Ia mengan ggap makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang universal.

"Beda sama kari. Ada yang suka, ada yang gak suka. Ketika saya coba ini makanan Toraja, hampir 100 persen menerima bahwa makanan Toraja itu enak. kalau kaya kuliner Padang itu rendang yang identik, kalau di Toraja, kami pamarrasannya," tambah Disyon.

(Baca juga : Apa Kabar Tradisi Baku Tendang Tana Toraja?)

Seporsi pamarrasan daging sapi atau ikan mas dijual dengan harga Rp 75.000 dan ditambah nasi. Bila ingin menambah sajian sambal katokkon cukup merogoh kocek seharga Rp 5.000.

Bagian dalam ruangan Toraja Coffee House yang dihiasai mural rumah tradisional Toraja. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bagian dalam ruangan Toraja Coffee House yang dihiasai mural rumah tradisional Toraja.

Sebuah kafe kopi

Toraja Coffee House adalah sebuah kaf e yang menyajikan kopi toraja dengan berbagai teknik. Ada juga roti-roti serta makanan-makanan selain dari Toraja seperti sop buntut, nasi goreng dangkot, sop daging kacang merah, kwetiau toraja, spaghetti cakalang rice, spaghetti carbonara, cheese burger, dan croisant sandwich.

Pengunjung juga bisa menikmati aneka makanan ringan seperti singkong goreng, siomay dimsum, roti bakar, bakwan jagung, tempe mendoan, pisang goreng, colenak, kroket ubi ungu, tape spring rol, dan kentang goreng.

(Baca juga : Bukan di Brasil, Ini Patung Yesus di Puncak Buntu Burake Toraja)

Pengunjung juga bisa menikmati kopi dari mulai espresso, long black, macchiato hingga mocha. Ada juga minuman non kopi seperti hot chocolate, teh, butter cookies milkshake, vanilla ice cream, iced chocolate, dan aneka teh.

Harga makanan-makanan non Toraja ditawarkan mulai dari mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 90.000. Sementara, minuman-minuman mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 45.000 .

Toraja Coffee House beralamat di Jalan Casablanca 1B, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Toraja Coffee House buka hari Minggu - Kamis mulai pukul 07.00 - 22.00 WIB dan Jumat - Sabtu pukul 07.00 - 23.00 WIB.

Berita Terkait

Di Tana Toraja, Batang Pohon Pisang Pun Jadi Menu Santapan Lezat

Apa Kabar Tra disi "Baku Tendang" Tana Toraja?

Lolai, Magnet Baru Wisata Toraja

Terkini Lainnya

Meriah! Ratusan Pasangan Asal NTT dan Timor Leste Ikut Lomba Dansa

Meriah! Ratusan Pasangan Asal NTT dan Timor Leste Ikut Lomba Dansa

News 25/11/2017, 11:03 WIB Berita Foto: Dari C   ovent Garden, Agatha Christie hingga Bebek Peking

Berita Foto: Dari Covent Garden, Agatha Christie hingga Bebek Peking

Travel Story 25/11/2017, 09:15 WIB Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini...

Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini...

Food Story 25/11/2017, 07:10 WIB Tahun 2018, Bengkulu Bakal Kehadiran Hotel dan Rute Penerbangan Baru

Tahun 2018, Bengkulu Bakal Kehadiran Hotel dan Rute Penerbangan Baru

News 24/11/2017, 21:06 WIB Gelato Rasa Bandrek hingga Nasi Uduk Pandan di SIAL Interfood 20   17

Gelato Rasa Bandrek hingga Nasi Uduk Pandan di SIAL Interfood 2017

Food Story 24/11/2017, 20:05 WIB Sensasi 'Mengubur Diri' di Pasir Panas Kagoshima, Jepang

Sensasi "Mengubur Diri" di Pasir Panas Kagoshima, Jepang

Travel Story 24/11/2017, 19:08 WIB Celebes Travel Mart 2017 Diharapkan Datangkan Wisatawan ke Sulsel

Celebes Travel Mart 2017 Diharapkan Datangkan Wisatawan ke Sulsel

News 24/11/2017, 18:07 WIB Menikmati Ramen Tengah Malam atau Pagi Hari di Hokkaido

Menikmat i Ramen Tengah Malam atau Pagi Hari di Hokkaido

Jepang Terkini 24/11/2017, 17:40 WIB Kapal Pesiar Berbendera Bahama Singgah di Banyuwangi, Bawa Puluhan Turis Asing

Kapal Pesiar Berbendera Bahama Singgah di Banyuwangi, Bawa Puluhan Turis Asing

News 24/11/2017, 17:07 WIB MICE di Hotel-hotel Sulawesi Kian Lesu

MICE di Hotel-hotel Sulawesi Kian Lesu

News 24/11/2017, 16:06 WIB Ingin Menginap di Hotel Gantung Purwakarta? Ini Tipsnya!

Ingin Menginap di Hotel Gantung Purwakarta? Ini Tipsnya!

Travel Tips 24/11/2017, 15:08 WIB Tiga Destinasi di Indonesia yang Paling Dicari Tahun Ini

Tiga Destinasi di Indonesia yang Paling Dicari Tahun Ini

News 24/11/2017, 13:53 WIB Akses dan Bahasa Jadi Kendala Sulsel Kembangkan Pariwisata

Akses dan Bahasa Jadi Kendala Sulsel Kembangkan Pariwisata

News 24/11/2017, 10:51 WIB Perhatikan 5 Hal Ini Saat Berwisata ke Mbaru Embo Suku Nanga di Flores

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Berwisata ke Mbaru Embo Suku Nanga di Flores

Travel Tips 24/11/2017, 09:16 WIB Ketua Asita: Biro Perjalanan Tidak Akan Bernasib seperti Wartel

Ketua Asita: Biro Perjalanan Tidak Akan Bernasib seperti Wartel

News 24/11/2017, 08:31 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Sulsel

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,2,Olahraga,6,
ltr
item
Berita 24 Sulawesi Selatan: Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini...
Yuk, Cicipi Kuliner Toraja di Kafe Kopi Ini...
http://assets.kompas.com/crop/0x0:1000x667/750x500/data/photo/2017/11/24/3656116093.jpg
Berita 24 Sulawesi Selatan
http://www.sulsel.berita24.com/2017/11/yuk-cicipi-kuliner-toraja-di-kafe-kopi.html
http://www.sulsel.berita24.com/
http://www.sulsel.berita24.com/
http://www.sulsel.berita24.com/2017/11/yuk-cicipi-kuliner-toraja-di-kafe-kopi.html
true
8734574162354626968
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy