www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sulawesi Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mengenal Irfan Jaya, Bintang Persebaya

Posted by On 20.23

Mengenal Irfan Jaya, Bintang Persebaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya mempertahankan 17 pemain dari 27 personel yang ada di skuat Liga 2 2017. Nama Irfan Jaya muncul menjadi pemain dengan kontrak jangka panjang. Dia akan di Persebaya untuk dua tahun lagi sampai 2019.

Penampilannya saat pertama datang ke Persebaya berjalan kurang mulus karena belum mampu berkontribusi. Dia datang dengan top scorer Indonesia Soccer Championship A U-21 musim 2016 bersama PSM Makassar U-21 mengemas 14 gol. Hal itulah yang membuat Bonek punya ekspektasi lebih terhadapnya.

  • Cerita di Balik Penolakan Bonek pada Otavio Dutra
  • Bali United Resmi Datangkan Kevin Brands
  • Arema Segera Perkenalkan 7 Pemain Lokal Baru

Namun, perlahan pemain sayap 21 tahun ini muncul sebagai andalan bagi skuat asuhan Angel Alfredo Vera. Peforma ciamiknya muncul kala Persebaya melawat ke markas Madiun Putra di babak penyisihan grup 5 (20/7/2017).

Skor 2-1 berakhir untuk Persebaya kala itu. Irfan memang tidak menyumbang gol atau assist, tapi semua gol tersebut berasal dari umpan akurat kreasinya.

Setelah itu, pemain kelahiran Bantaeng, Sulawesi Selatan itu menjadi sosok sentral dalam starting eleven yang diturunkan oleh Alfredo. Tampil dalam 21 pertandingan, Irfan mampu menyumbang 11 gol dan enam assist. Dia hanya kalah dari gelandang Misbakus Solikin yang menjadi top scorer klub dengan mengemas 12 gol.

Kepada Bola.com, Irfan pun bercerita mengenai pengalamannya bersama Bajul Ijo selama semusim. Berikut pertikan wawancara yang dilakukan bersamanya pada Rabu sore (14/12/2017).

Mengapa Anda memutuskan untuk bertahan di Persebaya?

Saya bertahan di Persebaya karena saya tahu Persebaya tim yang punya komitmen terhadap pemain. Dan saya juga merasa nyaman, di sini seperti keluarga. Suporter juga punya antusias mendukung klub ini. Saya berfikir kalau pindah belum tentu mendapat tim yang sangat bagus seperti ini.

Apakah tidak ada tawaran dari klub Liga 1?

Ada tawaran dari klub Liga 1. Tapi, saya ingin tetap bermain bersama Persebaya musim depan.

Menurut Anda pribadi, apa yang spesial dari Persebaya?

Tim besar dan termasuk tim tertua di Indonesia. Punya sejarah panjang dan suporternya membuat saya terkesan.

Apa makna Bonek bagi Anda?

Bonek adalah suporter yang sangat luar biasa. Penyemangat buat saya. Saya selalu punya semangat lebih saat ada Bonek mendukung kami di pertandingan. Coba dengar saja mereka tidak berhenti menyanyi selama 90 menit pertandingan.

Pertama kali saya bertanding dan melihat aksi Bonek, jujur saja saya merasa takjub. Saya belum pernah berada di stadion dengan sambutan suporter yang sangat energik seperti ini. Saya merasa atmosfer stadion jadi sangat hidup. Ini seperti kelua rga yang sangat besar.

Bagaimana kesan Anda tentang Persebaya selama semusim terakhir?

Selama semusim ini, tim ini baik-baik saja. Saya banyak mendapat pelajaran di sini. Apalagi, saya bisa memberikan kontribusi bersama tim sehingga bisa menjadi juara. Itu pencapaian yang sangat luar biasa buat saya.

Beruntung, saya bisa menjadi pemain terbaik di Liga 2. Bagi saya itu sebenarnya bukan berarti apa-apa karena selama saya bermain selalu mendapat dukungan dari pemain lain dan juga pelatih. Manajemen juga penting buat saya.

Tapi, yang jelas akan membuat saya ingat adalah mergantarkan Persebaya juara di Liga 2. Saya Sudah melalui banyak peristiwa di sini. Kami sempat dicemooh karena kalah. Tapi, justru itu menjadi motivasi untuk bangkit. Ini akan jadi sejarah buat saya pribadi.

Ambisi Musim Depan

Apa target atau ambisi Anda musim depan?

Target saya ingin membawa Persebay a lebih berprestasi lagi. Seperti musim lalu, kami bisa menjadi juara. Musim depan, saya ingin jadi juara Liga 1.

Dengan status sebagai pemain andalan, nomor punggung berapa yang akan Anda pakai?

Saya tetap pakai nomor punggung 41 musim depan. Saya suka dengan nomor itu. Yang terpenting di lapangan adalah bisa memberikan yang terbaik. Pemain harus bisa membuat suporter bangga.

Bagaimana pendapat Anda tentang Angel Alfredo Vera?

Coach Alfredo Vera pelatih yang bagus. Saya juga Sudah nyama dengan coach Makanya itu juga alasan saya mau bertahan. Mungkin jga karena saya sudah merasa cocok dengan coach.

Coach Alfredo orang yang sangat baik dan selalu jaga komunikasi dengan pemain. Saat memberi instruksi, dia tidak pernah menyulitkan saya. Selama ini, apa yang diminta oleh coach mudah dipahami.

Apakah Anda bisa bahasa Jawa khas Suroboyoan?

Kalau bahasa Jawa Suroboyoan saya b elum banyak tahu. Tapi beberapa kata saja yang saya paham. Saya belum bisa ngomong bahasa Jawa, tidak lancar. Setidaknya kalau saya beli sesuatu, makanan misalnya, saya bisa paham. Yang sering terjadi penjual makanan di sini kalau asli Jawa pasti mengajak bahasa Jawa. Sejauh ini, kalau mau beli sesuatu, transaksi berjalan lancar. Hehehe

Mungkin karena banyak kumpul dengan teman pemain yang bukan asli Jawa. Kalau pun ngobrol dengan pemain asli Jawa juga kebanyakan pakai bahasa Indonesia. Jadi, saya juga sulit mau belajar bahasa Jawa. Hehehe

Tapi, kalau ada yang bilang “Salam Satu Nyali”, saya pasti bisa balas: “Wani!”

Siapa teman di Persebaya yang paling dekat dengan Anda?

M. Hidayat (Gelandang bertahan/Bontang), Rangga Muslim (Pemain sayap/Bima), Said Mardjan (Bek kiri/Tahuna), Andri Muliadi (Bek tengah/Aceh), Abdul Azis (Bek kiri/Makassar). Saya sering ngobrol dengan mereka.

Sumber: Google News | Berita 24 Sulsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »