www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sulawesi Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sambut Pergantian Tahun, Ini Catatan Kritis Ikatan Sarjana Katolik ...

Posted by On 16.23

Sambut Pergantian Tahun, Ini Catatan Kritis Ikatan Sarjana Katolik ...

Sambut Pergantian Tahun, Ini Catatan Kritis Ikatan Sarjana Katolik Sulsel

Semakin terasa merebaknya suasana saling curiga, saling berburuk sangka, saling hujat, dan bahkan saling fitnah.

Sambut Pergantian Tahun, Ini Catatan Kritis Ikatan Sarjana Katolik SulselhandoverPengurus ISKA Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tahun 2017 segera berganti 2018.

Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Provinsi Sulawesi Selatan menilai banyak hal yang mesti menjadi perhatian bersama terkait berbagai masalah yang terjadi selama 2017 dan tantangan yang harus direspon bersama pada 2018.

Berikut ini catatan kritis sekaligus menjadi pernyataan a khir tahun DPD ISKA Provinsi Sulawesi terkait hal tersebut yang dikirim ke redaksi tribun-timur.com, Jumat (29/12/2017) malam:

1. Berbagai perbedaan, seperti perbedaan peta geografis kepulauan nusantara, perbedaan etnis, perbedaan agama atau penghayatan kepercayaan, dan perbedaan budaya, tak jarang hakikat maknanya dieksplotasi menjadi makna yang sama dengan pertentangan yang merenggangkan hubungan harmonis dan akrab di antara sesama warga sebangsa dan setanah air.

2. Semakin terasa merebaknya suasana saling curiga, saling berburuk sangka, saling hujat, dan bahkan saling fitnah yang disertai penyebaran hoaks yang merusak saling percaya di antara sesama kelompok yang berbeda-beda.

3. Daya tarik kepentingan politik oleh pilkada-pilkada 2018 dan Pemilu yang mencakup Pileg dan Pilpres 2019 menimbulkan polarisasi berbagai kekuatan sosial dan politik dari masyarakat menjadi kelompok-kelompok yang saling berhadapan sebagai lawan yang dicurigai atau sebagai lawan tandin g.

4. Percaturan politik untuk merebut porsi kekuasaan oleh para elite bangsa cenderung mengutamakan kepentingan dirinya atau pihak pedukungnya sehingga memperlebar jurang pemisah persatuan sosial dan nasional.

5. Gaya hidup masyarakat, terutama masyarakat the haves yang materialistis, berdampak lanjut pada gaya hidup masyarakat luas yang konsumtivistis dan hedonistis, meski gaya dukung ekonominya lemah.

Hal ini menyeret sebagian warga untuk melakukan kejahatan korupsi dan narkoba untuk memenuhi hasrat kehidupan yang penuh rangsangan yang buas dan liar.

6. Peran agama belum dijalankan secara maksimal dan optimal untuk memuliakan manusia, tapi masih sebatas formalisme yang memperindah kulit luar moralitas dan kesalehan manusia, dan bukan inner-beauty-nya.

Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sulsel gelar White Chrismas Party di Grand Clarion Hotel, Jl    AP Pettarani, Makassar, Rabu (27/12/2017) malam.
Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sulsel gelar White Chrismas Party di Grand Clarion Hotel, Jl AP Pettarani, Makassar, Rabu (27/12/2017) malam. (handover)
Halaman selanjutnya 123
Penulis: Jumadi Mappanganro Editor: Jumadi Mappanganro Ikuti kami di 7 Fakta Deynica Welirang, Anak Gadis Bos Indomie yang Wafat 2 Hari Usah Ultah Sumber: Google News | Berita 24 Sulsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »