www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Amnesty International Indonesia Segera Diluncurkan, Ini Jadwalnya

Posted by On 10.57

Amnesty International Indonesia Segera Diluncurkan, Ini Jadwalnya

Amnesty International Indonesia Segera Diluncurkan, Ini Jadwalnya

Juga bersatu dengan semua elemen yang ada di Sulawesi Selatan untuk mengingatkan pemerintah lokal menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM lama.

Amnesty International Indonesia Segera Diluncurkan, Ini JadwalnyaTRIBUN TIMUR/ALFIANTim Komunikasi Amnesty International Indonesia, Haeril Halim saat gelar Konfrensi Pers di Warkop Dg Sija Jl Boulevard, Selasa (4/12/2017).

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Amnesty International Indonesia melakukan launching dengan melebur ke dalam inisiatif aktor-aktor penggerak HAM lokal di Jakarta, Bandung, Yogya, Solo, Bali, Malang dan Makassar.

Sebagai simbol dimulainya gerakan #JoinF orces di Indonesia untuk melawan segala praktik pelanggaran HAM di Indonesia khusus di daerah-daerah.

“Amnesty International Indonesia memilih Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, sebagai salah satu tempat launching karena Sulawesi Selatan menjadi salah satu tempat dimana pelanggaran HAM baru terjadi atas nama pembangunan. Pembangunan yang tidak menghargai HAM harus ditolak,” ujar Tim Komunikasi Amnesty International Indonesia, Haeril Halim saat gelar Konfrensi Pers di Warkop Dg Sija Jl Boulevard, Selasa (4/12).

Amnesty International Indonesia juga bersatu dengan semua elemen yang ada di Sulawesi Selatan untuk mengingatkan pemerintah lokal menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM lama. Hal ini ditandai dengan rencana launcing yang akan berlangsung, Kamis (9/12/2017) mendatang di Makassar.

Dengan mengangkat tema 'Menyatukan Gerakan HAM Kolektif', launcing tersebut bakal dirangkaikan dengan aksi Kamisan yang melibatkan sejumlah organisasi profesi d an aktifis lokal Makassar lainnya.

“Dengan bersatunya kekuatan HAM lokal di Sulawesi Selatan maka akan menjadi suatu kekuatan baru untuk menyadarkan publik tentang pentingnya menghargai HAM dan juga pentingnya pemerintah lokal menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM yang ada agar tidak terulang kasus serupa di masa yang akan datang,” Haeril menambahkan.

Setelah launching Amnesty bakal diagendakan Focus Group Discussion (FGD) dengan aktivis, akademisi dan jurnalis dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan untuk melakukan identifikasi dan pemetaan kasus-kasus HAM yang ada di Sulawesi Selatan. “FGD ini bertujuan untuk memetakan pelanggaran HAM di daerah-daerah di Sulawesi Selatan dan merumuskan langkah apa yang akan dilakukan oleh gerakan HAM lokal untuk menyatukan barisan melawan praktek-praktek pelanggaran HAM,” tambah Haeril.

Amnesty International Indonesia bukanlah suatu gerakan baru di Indonesia melainkan akan menjadi pemersatu semua gerakan HAM yang telah ada. Amnesty International, berbasis di London, adalah gerakan global dengan pendukung berjumlah 7 juta orang di seluruh dunia.

Didirikan pada tahun 1961, Amnesty International mulai memperhatikan pelanggaran HAM di Indonesia sejak tahun 1964. Salah satu kasus awal yang menjadi perhatian adalah ditangkapnya wartawan Mochtar Lubis karena kritiknya pada Pemerintahan Presiden Soekarno dan diadopsi oleh Amnesty International menjadi tahanan nurani (prisoners of conscience) pertama di Indonesia.

Sejak saat itu Amnesty International aktif mengkampanyekan pembebasan para tahanan nurani di Indonesia yang ditahan semata-mata karena mengekspresikan pandangan politik, sosial, atau religius secara damai dan tidak mengadvokasi suatu tindak kekerasan atau diskriminasi.

"Agenda HAM akan menjadi komoditas politik di tahun politik. Politisasi HAM harus kita tolak. Oleh karena itu, mari bergerak mulai dari sekarang dalam gerakan #JoinForces untuk menyatukan kekuatan da n meminta negara untuk melaksanakan tanggung jawabnya menyelesaikan kasus-kasus HAM," tutupnya.

Penulis: Alfian Editor: Suryana Anas Ikuti kami di Dituding Siarkan Langsung Pornografi Anak di Facebook, TKW Ini Alami Nasib Apes Sumber: Google News | Berita 24 Sulsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »