www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wujudkan Desa Emas di Sulsel, UIM Gandeng KEIN

Posted by On 06.36

Wujudkan Desa Emas di Sulsel, UIM Gandeng KEIN

Wujudkan Desa Emas di Sulsel, UIM Gandeng KEIN

Rektor UIM Majdah mengatakan bahwa program desa emas merupakan program unggulan UIM.

Wujudkan Desa Emas di Sulsel, UIM Gandeng KEINHANDOVERUniversitas Islam Makassar (UIM) gandeng Komite Ekonomi dan Industri Republik Indonesia (KEIN), dalam mengembangkan desa emas di provinsi Sulawesi Selatan.

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Universitas Islam Makassar (UIM) gandeng Komite Ekonomi dan Industri Republik Indonesia (KEIN), dalam mengembangkan desa emas di provinsi Sulawesi Selatan.

Kerjasama tersebut berlangsung di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang. Mewakili K EIN Budi Purnomo dari Pokja Industri Desa bertemu dengan Rektor UIM Dr Majdah M Zein, Wakil Rektor IV Muammar Bakry, Wakil Rektor II Saripuddin Muddin, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIM Musdalifah Mahmud dan Koordinator Desa Sejahtera Mandiri UIM Suardi Bakri.

Rektor UIM Majdah mengatakan bahwa program desa emas merupakan program unggulan UIM.

"UIM melalui Tim DSM akan mengunjungi daerah di Sulawesi Selatan untuk mengembangkan potensi yang ada di daerah tersebut. Misalnya penghasil bawang dan industri dange di Kabupaten Enrekang, begitupun daerah Takalar dan Bulukumba,"kata Dr Majdah melalui rilis, Senin (11/12/2017) siang.

Adapun kerjasama dengan KEIN sebagai tindak lanjut dari program UIM yakni mewujudkan desa emas di Sulawesi Selatan, dimana ada lima pilar yang akan diterapkan dalam pembinaan desa yakni, Bina Akhlak yakni mengajarkan terkait pengelolaan SDA yang tidak menyebabkan kerusakan lingkungan bahkan seharusnya melestarik an, Bina Saudara setelah menanamkan nilai akhlakul karimah, selanjutnya akan ditanamkan nilai-nilai persaudaraan.

"Selanjutnya Bina Sinergi, setelah mereka merasa bersaudara dan berkelompok sesuai fokus usahanya, selanjutnya disinergikan dengan membentuk kelompok kerja yang beranggotakan seluruh warga desa atau minimal seluruh KK di desa tersebut, Bina Dana ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada warga desa untuk memberikan pemahaman tentang investasi dana yang mereka peroleh melalui BUMdes dan lain sebagainya, dan yang terakhir adalah Bina Pasar (produk unggulan) dimana masyarakat diberikan pemahaman terkait market penjualan hasil potensi yang dimiliki setiap desa, sehingga tepat guna dan sasaran,"tutup Majdah. (*)

Penulis: Munawwarah Ahmad Edito r: Anita Kusuma Wardana Ikuti kami di Tepergok Lakukan Pelecehan Seksual di Kereta, Pria Ini 'Dikeroyok' Ibu-ibu Sumber: Google News | Berita 24 Sulsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »