www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Akhiri Kuliah, Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Polimarim ...

Posted by On 18.11

Akhiri Kuliah, Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Polimarim ...

Akhiri Kuliah, Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Polimarim AMI di Galangan PT IKI

Taruna mengikuti kunjungan sekaligus kuliah lapangan di galangan kapal PT (Persero) Industri Kapal Indonesia (IKI)

Akhiri Kuliah, Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Polimarim AMI di Galangan PT IKIHandoverTaruna Polimarim AMI Makassar mengikuti kunjungan sekaligus kuliah lapangan di galangan kapal PT (Persero) Industri Kapal Indonesia (IKI), Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/1/2018) lalu.

Laporan Wartawan Tribun Timur: Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ada hal baru yang dilakukan sekira 30-an taruna dari kampus Polit eknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar peserta perkuliahan dari mata kuliah Konstruksi dan Stabilitas Kapal Semester Awal tahun Akademik 2017/2018.

Seperti dikutip tribun timur.com dari rilis Humas Polimarim, Selasa (16/1/2018), taruna mengikuti kunjungan sekaligus kuliah lapangan di galangan kapal PT (Persero) Industri Kapal Indonesia (IKI), Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/1/2018) lalu.

Taruna-taruna yang hadir berasal dari jurusan teknika kelas C dan D tersebut. Mereka melihat dari dekat proses pembuatan dan reparasi kapal di perusahaan plat merah milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Sebelum kunjungan ke lapangan, taruna Polimarim AMI diterima dan mendapat pengarahan dari Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) PT IKI Makassar Ir Muh Isa MM di Aula Kantor PT IKI di Jl Galangan Kapal No 31, Makassar.

“Terima kasih atas kedatangan adik-adik taruna dari Polimarim AMI Makassar. Semoga ke datangan kalian di sini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Isa yang didampingi Pimpinan Proyek (Pimpro) Bagian Produksi Kapal PT IKI Sofyan Chalil.

“Apalagi ilmu yang dipelajari di bangku perkuliahan nanti bakal diaplikasi di atas kapal, maka sebaiknya momen ini kalian belajar sebaik-baiknya. Mungkin saat teori tidak dilihat benda atau alatnya. Di sinilah momennya kalian untuk bertanya dan menggali ilmu. Nanti kalian akan bertanggung jawab terhadap peralatan yang ada di kapal,” lanjut Isa.

Saat kunjungan di lapangan, para taruna berkesempatan melihat dari dekat proses finishing Kapal Motor (KM) Kendhaga Nusantara 11 yang ada di atas perairan. Kapal ini merupakan satu dari dua unit yang dibangun di PT IKI.

KM Kendhaga Nusantara merupakan bagian dari program tol laut dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendhaga Nusantara adalah kapal jenis kontainer yang memiliki kapasitas muat hingga 100 TEU (twenty-foot equivalent unit), satuan kapasitas kargo untuk k apasitas peti kemas.

Pembangunan KM Kendhaga Nusantara dimulai dengan peletakan lunas atau keel laying pada Desember 2015 lalu. Dua kapal kontainer tersebut diluncurkan pada Oktober 2017 lalu, bersamaan Ulang Tahun ke-40 PT IKI.

Saat di atas KM Kendhaga Nusantara, taruna melihat proses peletakan uji coba kontainer, alat jangkar, lalu penyelesaikan kamar mesin beserta dengan instalasi perpipaan dan kelistrikan.

Pada kesempatan berikutnya, taruna mendapat penjelasan dari Pimpro PT IKI Sofyan terkait kapal milik Tonasa Lines jenis kapal curah yang menjalani proses reparasi di Graving Dock atau Dok Gali PT IKI Makassar.

"Kuliah atau kunjung ke lapangan merupakan bagian penting bagi pemahaman taruna dalam mengikuti mata kuliah di kampus. Dengan melihat langsung ke galangan, taruna diharapkan mengenal dan memahami kegunaannya," kata Kabag Humas Polimarim AMI Alfian Umar SH MH. (*)

KEPSEN FOTO: Taruna Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar mengikuti kuliah lapangan di galangan kapal PT (Persero) Industri Kapal Indonesia (IKI), Kaluku Bodoa, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (12/1/2018) lalu.

Penulis: Munawwarah Ahmad Editor: Ardy Muchlis Ikuti kami di Aksi Berani Pria Gondrong Kembalikan Sampah yang Dibuang Sembarangan oleh Penumpang Mobil Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Sulsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »