www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sulawesi Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Sulsel Masih di Atas Nasional ...

Posted by On 05.11

Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Sulsel Masih di Atas Nasional ...

Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Sulsel Masih di Atas Nasional hingga 2023

Direktur Eksekutif Bank Indonesia (BI) Bambang Kusmiarso memaparkan Ekonomi dan Inflasi Sulawesi Selatan 2017.

Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Sulsel Masih di Atas Nasional hingga 2023Kepala Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola di Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, saat berbicara pada diseminasi LPI (Laporan Perekonomian Indonesia) di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (3/5/2018). Kegiatan yang diselenggarakan Bank Indonesia ini mengangkat tema “Mengoptimalkan Momentum, Memperkuat Struktur”. tribun timur/muhammad abdiwan

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukma wati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR--Direktur Eksekutif Bank Indonesia (BI) Bambang Kusmiarso memaparkan Ekonomi dan Inflasi Sulawesi Selatan 2017.

Hal tersebut dipaparkan di acara Diseminasi Laporan Perekonomian Indonesia 2017 yang digelar Sandeq A, Grand Clarion Hotel & Convention Makasssar, Kamis (3/5/2018).

"Tidak dapat dipungkiri bahwa peran ekonomi Sulawesi Selatan terhadap nasional cukup signifikan. Jika di tahun 2007 peran ekonomi Sulsel baru mencapai sekitar 2,0 persen maka dalam kurun waktu satu dekade di tahun 2017 meningkat menjadi sekitar 3,0 persen. Sementara itu, peran ekonomi Sulsel terhadap Kawasan Timur Indonesia (KTI) tahun 2017 mencapai 16,6 persen meningkat dibandingkan 2007 yang sekitar 10,7 persen," katanya, Kamis (3/4/2018).

Bambang memaparkan, peningkatan tersebut didukung oleh cukup tingginya pertumbuhan ekonomi Sulsel yang rata-rata 10 tahun terakhir mencapai 7,63 persen, di atas nasio nal dalam 10 tahun terakhir.

Bahkan pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Sulsel tertinggi nomor 2 se-Indonesia, sebesar 7,23 persen (yoy) dimana kekuatan penopang ekonomi Sulsel 2017 berada pada pengiriman ekspor dan daya dorong serapan belanja Pemerintah Daerah.

"Stay hungry, stay foolish, jangan terlalu mudah puas. Oleh karena itu, terbatasnya pemulihan ekonomi global, justru menjadi momentum Sulsel untuk melakukan percepatan reformasi struktural. Pembangunan beberapa proyek infrastruktur seperti pembangkit listrik tenaga bayu, bendungan atau waduk, dan pencetakan sawah, menjadi kunci utama untuk memperkuat struktur ekonomi Sulsel dan mencapai pertumbuhan yang berkesinambungan," jelasnya.

Ke depan Bank Indonesia Sulsel memperkirakan tren ekonomi Sulsel hingga tahun 2023, masih akan berada di atas nasional dan cenderung meningkat.

Oleh karena itu, dukungan stabilitas harga menjadi poin yang sangat strategis untuk menjaga momentum tersebut teta p optimal.

"Pencapaian inflasi tahun 2017 sebesar 4,44 persen (yoy), masih berada dalam kisaran sasaran 4±1 persen (yoy). Tahun 2018, dengan sasaran inflasi yang lebih optimis, yaitu 3,5±1 persen (yoy), merupakan tantangan yang tidaklah ringan untuk Sulsel. Namun demikian, beberapa upaya pengendalian inflasi di Sulsel terus dilakukan," ujarnya.

Sampai dengan April 2018, inflasi Sulsel mencapai 1,16 persen (ytd) atau 3,54 persen (yoy) dibanding nasional 3,41 persen (yoy). Beberapa harga pangan yang terus perlu dijaga adalah beras, ikan bandeng, daging sapi, daging ayam ras, dan cabai, dimana beberapa komoditas tersebut tingkat persistensinya tinggi. (*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim Editor: Anita Kusuma Wardana Ikuti kami di Ist ri Sujud ke Suami hingga Nyaris Pingsan, Ternyata Ini yang Terjadi saat Belanja di Warung Sumber: Google News | Berita 24 Sulsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »