www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

5 Tarian Asal Sulawesi Selatan Pukau Penonton Kalangan Angsoka

Posted by On 05.20

5 Tarian Asal Sulawesi Selatan Pukau Penonton Kalangan Angsoka

5 Tarian Asal Sulawesi Selatan Pukau Penonton Kalangan Angsoka

Pertunjukan tari dan musik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan

5 Tarian Asal Sulawesi Selatan Pukau Penonton Kalangan AngsokaTribun Bali/I Kadek SupriadiTari dan musik dari perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

Laporan wartawan Tribun Bali, I Kadek Supriadi

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pertunjukan tari dan musik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, di Kalangan Angsoka, Art Center, Denpasar, Bali, Senin (2/7/2018).

Tari dan musik yang dipen taskan antara lain, Tarian Ma' Bissalobo,, yang mengisahkan kegembiraan remaja putra dan putri menjalankan kebiasaan mereka menanam padi.

Ma' Bissalobo berarti membersihkan diri dari sifat tamak dan serakah.

Tarian Tomed merupakan tarian pergaulan muda-mudi khas Sulawesi Selatan, khususnya etnis Toraja.

Tarian ini menggambarkan keseharian muda-mudi yang saling membantu di setiap aktivitas.

Tarian Pattennung mengisahkan kesabaran, ketekunan, serta kegigihan perempuan Bugis dalam menenun benang helai demi helai hingga menjadi selembar kain.

Tarian Pa' Dennuang penuh dengan harapan atau asa dalam hati, untuk memercayai sesuatu yang diinginkan dan akan didapat di masa yang akan datang.

Yang terakir adalah Tarian I Mangkawani yang mengisahkan perjodohan seorang putri bernama I Mangkawani dengan lelaki bernama Mapajungenge, namun I Mangkawani lebih memilih lelaki lain yang dikenalnya sejak kecil.

Menurut Nasdir Rafli selaku k oreografer, "Seluruh SMP, SMA, Mahasiswa, etnis Bugis, dan Toraja mengambil peran pada tarian-tarian tersebut, namun ada seleksi sebelum menjadikan mereka penari, dan kami sangat berterima kasih kepada pemda yang telah mendukung dan mendanai kegiatan seni kami hingga bisa tampil di acara PKB di Bali ini."(*)

Penulis: I Kadek Supriadi Editor: Irma Budiarti Sumber: Tribun Bali Ikuti kami di Video Ratna Sarumpaet Cekcok dengan Menteri Luhut, dan Diusir Keluarga Koban KM Sinar Bangun Sumber: Sulawesi Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »