Kirim Berita Sulsel: Klik Disini | Konfirmasi Berita Sulsel: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jelang Idul Adha, Pertamina Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Parepare

Posted by On 04.54

Jelang Idul Adha, Pertamina Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Parepare

detikFinance / Energi / Detail Berita Follow detikFinance Senin, 06 Agu 2018 22:30 WIB Jelang Idul Adha, Pertamina Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Parepare Muhammad Idris - detikFinance Foto: Dok. PertaminaFoto: Dok. Pertamina Parepa re - Mengantisipasi peningkatan konsumsi elpiji subsidi 3 kilogram menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi menambah pasokan elpiji 3 kilogram di wilayah kota Parepare. Penambahan pasokan ini diberikan sebanyak 7.840 tabung dari alokasi normal. Guna memastikan penyaluran alokasi tambahan ini tepat sasaran, Pertamina MOR VII bekerjasama dengan Pemkot Parepare dan aparat setempat menggelar operasi pasar elpiji 3 Kg di Kota Parepare, Senin (06/08/2018).
Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M. Roby Hervindo mengatakan, operasi pasar elpiji 3 Kg dilakukan selama dua hari yakni tanggal 6-7 Agustus 2018 di empat titik wilayah Kecamatan di Kota Parepare.
"Penambahan alokasi yang disalurkan khusus dalam operasi pasar ini sebanyak 2.240 tabung dari total alokasi tambahan Idul Adha yang diberikan di Parepare 7.840 tabung. Operasi pasar ini dilakukan secara bertahap yakni dua kecamatan per hari de ngan alokasi per titik kecamatan masing-masing sebanyak 560 tabung elpiji 3 Kg," jelasnya dalam keterangan tertulis.
Roby mengungkapkan, penambahan pasokan elpiji 3 kg ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi elpiji 3 kg yang meningkat khususnya dikarenakan kegiatan kemasyarakatan seperti hajatan pernikahan dan haji menjelang hari Raya Idul Adha di Parepare.
"Rata-rata alokasi normal elpiji 3 kg di Kota Parepare pada Agustus 2018 yakni 146.720 tabung. Dengan adanya pasokan tambahan ini, maka total alokasi elpiji 3 Kg di Kota Parepare pada Agustus 2018 bertambah sebesar 154.560 tabung atau naik 5,3% dari alokasi normal," ujarnya.
Dalam kegiatan operasi pasar yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Dinas Perekonomian, Camat dan Lurah, dan Instansi Keamanan (Satpol PP/TNI/Polisi) setempat ini, masyarakat dapat membeli elpiji 3 Kg sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni di Kota Parepare yakni Rp 15.500 per tabung.
"Untuk menghindari pe mbelian di luar kewajaran ataupun penimbunan, pembelian elpiji 3 kg dalam operasi pasar ini dibatasi maksimal 1 tabung per konsumen. Pembelian pun harus disertai dengan Kartu Keluarga (KK) dan pemilik KK tidak dapat diwakili, agar penyaluran elpiji subsidi kepada masyarakat miskin tepat sasaran dan merata," tegas Roby.
Saat ini penyaluran elpiji subsidi 3 kg di wilayah Parepare sudah melebihi kuota yang ditetapkan Pemerintah (over kuota) sebesar 5,3 persen atau sebanyak 7.840 tabung dari alokasi normal. Hal ini, lanjut Roby, ditengarai disebabkan penyalahgunaan elpiji 3 kg oleh usaha laundry, kafe dan resto yang bukan merupakan usaha mikro.
"Kami menghimbau Pemda dan aparat untuk mengawasi dan jika perlu menindak penyalahgunaan elpiji subsidi. Karena hal ini merugikan masyarakat miskin yang tidak mendapat haknya. Pertamina siap bekerja sama dengan Pemda dan aparat," tukasnya.
Sesuai dengan peraturan pemerintah, tutur Roby, elpiji 3 kg diperuntukkan bagi m asyarakat miskin dan rentan miskin, serta usaha kecil menengah (UKM).
"Karenanya kami menghimbau bagi masyarakat yang mampu dan seharusnya tidak menggunakan elpiji bersubsidi agar menggunakan elpiji non subsidi yang telah disediakan Pertamina yakni Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg yang sudah tersedia di Kota Parepare," tutur Roby.
Sebagai komitmen untuk kelancaran distribusi elpiji di masyarakat, Pertamina telah menyalurkan elpiji 3 Kk sesuai alokasi yang ditetapkan melalui 2 agen dan 268 pangkalan di Kota Parepare, yang tersebar di berbagai kecamatan sesuai HET.
"Untuk memperoleh elpiji 3 Kg, kami menghimbau agar masyarakat membelinya di pangkalan ataupun SPBU dengan stok tersedia dan harga yang sesuai HET setempat. Adapun untuk pasokan dan harga elpiji di tingkat pengecer tidak dapat dikontrol Pertamina karena pengecer bukan lembaga penyalur resmi Pertamina," ujar Roby.
Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam menyampaikan informasi, keluhan ataupun masukan yang membangun atas pelayanan elpiji 3 kg melalui Contact Pertamina di nomor 1-500-000 atau email pcc@pertamina.com dan sms ke 0815-9-500000. "Jika masyarakat menemukan hal-hal yang mencurigakan terkait penyalahgunaan elpiji ataupun penyimpangan lainnya, dapat langsung melaporkannya kepada Pertamina," tutup Roby. (idr/hns) Berita Terkait

  • Dapat Blok Rokan, Pertamina Kejar Produksi 1,5 Miliar Barel Minyak
  • Sumur Minyak Ilegal Jadi Tantangan Pertamina Genjot Produksi
  • Pertamina Dapat Blok Rokan, Arcandra: Bukan Karena Nasionalisasi
  • Pertamina EP Kantongi Laba Rp 5 Triliun hingga Juni
  • Berkah Energi Pertamina di Usia 61 Tahun
  • Pertamina Raih Penghargaan Badan Publik Inovatif
  • 950 Tenaga Kerja di Kaltim Dilatih Bidang Health, Safety & Environment
  • Pertamina Terangi 13.470 Rumah Kurang Mampu di Jabar dan Banten
Baca Juga detikOto Pelumas Khusus Euro4 Lebih Mahal?

Pelumas Khusus Euro4 Lebih Mahal?

detikNews Pertamina Gelar Pelayanan Kesehatan & Pasar Rakyat untuk Warga Kupang

Pertamina Gelar Pelayanan Kesehatan &a mp; Pasar Rakyat untuk Warga Kupang

detikOto Mau Nmax, Innova, Harley dan Mercy dan Umroh Gratis?

Mau Nmax, Innova, Harley dan Mercy dan Umroh Gratis?

detikNews Pertamina Salurkan Bantuan LPG dan BBM untuk Korban Gempa di Lombok

Pertamina Salurkan Bantuan LPG dan BBM untuk Korban Gempa di Lombok

detikNews Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate dan Pengalaman

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate dan Pengalaman

detikNews Danau Pangkalan di Kamojang Dikembangkan untuk Desa Wisata Geothermal

Danau Pangkalan di Kamojang Dikembangkan untuk Desa Wisata Geothermal

detikOto Pertamina Buat SPLU Mobil Listrik

Pertamina Buat SPLU Mobil Listrik

detikOto Baterai Motor Listrik Buatan Pertamina-UNS

Baterai Motor Listrik Buatan Pertamina-UNS

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promo si[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com News Feed
  • LRT Jakarta bakal Terhubung dengan Bus TransJakarta

    LRT Jakarta bakal Terhubung dengan Bus TransJakarta

    Sabtu, 11 Agu 2018 17:52 WIB Light rail transit (LRT) Jakarta akan terintegrasi dengan bus Trans Jakarta. Rencananya bus tersebut akan berada di Stasiun Velodrome.
  • Ini Sebab LRT Jakarta Tak Jadi Dipakai saat Asian Games

    Ini Sebab LRT Jakarta Tak Jadi Dipakai saat Asian Games

    Sabtu, 11 Agu 2018 17:31 WIB Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan proyek LRT Jakarta tidak digunakan untuk Asian Games. Apa penyebabnya?
  • Dulu Kena Gempa, Masjid hingga Sekolah di Aceh Kini Berdiri Megah Foto Bisnis

    Dulu Kena Gempa, Masjid hingga Sekolah di Aceh Kini Berdiri Megah

    Sabtu, 11 Agu 2018 17:19 WIB Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meyelesaikan rekonstruksi infrastruktur yang terdampak bencana gempa bumi di Aceh 7 Desember 2016 lalu.
  • PLN Nyalakan Kembali Listrik di 3 Gili Usai Gempa Foto Bisnis

    PLN Nyalakan Kembali Listrik di 3 Gili Usai Gempa

    Sabtu, 11 Agu 2018 16:45 WIB PLN memastikan pasokan listrik untuk Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan hari ini sudah menyala kembali usai gempa besar (5/8) lalu.
  • Izin Belum Keluar Jadi Alasan Operasi LRT Jakarta Mundur

    Izin Belum Keluar Jadi Alasan Operasi LRT Jakarta Mundur

    Sabtu, 11 Agu 2018 16:36 WIB Operasi light rail transit (LRT) Jakarta semula dijadwalkan pada tanggal 10 Agustus. Namun waktu operasi malah diundur hingga tanggal 15 Agustus. Kenapa?
  • Luhut Pamer Freeport dan Blok Rokan di Depan Milen   ial

    Luhut Pamer Freeport dan Blok Rokan di Depan Milenial

    Sabtu, 11 Agu 2018 16:05 WIB Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan memamerkan keberhasilan pemerintah dalam mengambilalih mayoritas saham PT Freeport Indonesia di depan para milenial.
  • Proyek Rumah DP Rp 0 Ditinggal Sandi, Pengembang: Jalan Terus

    Proyek Rumah DP Rp 0 Ditinggal Sandi, Pengembang: Jalan Terus

    Sabtu, 11 Agu 2018 15:48 WIB Bagaimana kelanjutan pembangunan rumah DP Rp 0 yang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta sejak lama itu? Ini kata pengembangnya.
  • Luhut: Kenapa Pakai Barang dari Luar Kalau Bisa Dalam Negeri?

    Luhut: Kenapa Pakai Barang dari Luar Kalau Bisa Dalam Negeri?

    Sabtu, 11 Agu 2018 15:28 WIB "Jadi kamu pemimpin pun, harus bisa memberikan contoh kepada anak buahmu, apapun jabatanmu, itu benih-benih dari nasionalisme,"
  • Eskalator Stasiun LRT Jakarta Bakal Dipasang Malam Ini

    Eskalator Stasiun LRT Jakarta Bakal Dipasang Malam Ini

    Sabtu, 11 Agu 2018 15:07 WIB Stasiun Light rail transit (LRT) bakal dilengkapi tangga jalan atau eskalator. Tangga tersebut akan dipasang malam ini.
  • Yuk, Belanja Sambil Belajar Masak Bareng Supor di Transmart Carrefour!

    Yuk, Belanja Sambil Belajar Masak Bareng Supor di Transmart Carrefour!

    Sabtu, 11 Agu 2018 14:58 WIB Berbelanja sambil belajar memasak bisa jadi kegiatan yang menarik di akhir pekan di Transmart Carrefour.
  • Rumah DP Rp 0, dari Janji Kampanye hingga Kondisinya Terkini Foto Bisnis

    Rumah DP Rp 0, dari Janji Kampanye hingga Kondisinya Terkini

    Sabtu, 11 Agu 2018 14:44 WIB Program hunian DP Rp 0 berbentuk rumah susun (rusun) jadi salah satu program unggulan Anies-Sandi. Simak perjalanannya dari awal hingga penampakannya terkini.
  • Pesan Luhut: Pak Jokowi, Pak Prabowo Bicara Ekonomi dan Kemiskinan

    Pesan Luhut: Pak Jokowi, Pak Prabowo Bicara Ekonomi dan Kemiskinan

    Sabtu, 11 Agu 2018 14:40 WIB Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan ingin agar Pilpres 2019 mendatang bakal berlangsung damai. Apa pesannya?
BERITA TERBARU +
  • LRT Jakarta bakal Terhubung dengan Bus TransJakarta

    LRT Jakarta bakal Terhubung dengan Bus TransJakarta Sabtu, 11 Agu 2018 17:52 WIB

  • Ini Sebab LRT Jakarta Tak Jadi Dipakai saat Asian Games

    Ini Sebab LRT Jakarta Tak Jadi Dipakai saat Asian Games Sabtu, 11 Agu 2018 17:31 WIB

  • Dulu Kena Gempa, Masjid hingga Sekolah di Aceh Kini Berdiri Megah

    Dulu Kena Gempa, Masjid hingga Sekolah di Aceh Kini Berdiri Megah Sabtu, 11 Agu 2018 17:19 WIB

  • PLN Nyalakan Kembali Listrik di 3 Gili Usai Gempa

    PLN Nyalakan Kembali Listrik di 3 Gili Usai Gempa Sabtu, 11 Agu 2018 16:45 WIB

Most
Popular Most
Popular Sumber: Google News | Liputan 24 Parepare

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »